Ilustrasi keamanan data center

Sertifikat Keamanan untuk Data Center 

Data center kini  menjadi komponen vital dalam infrastruktur teknologi informasi modern. Dalam lingkungan yang semakin kompleks dan rentan terhadap ancaman keamanan, penting bagi perusahaan dan organisasi yang mengelola data center untuk memastikan keamanan data. Salah satu cara untuk mencapai tingkat keamanan yang tinggi adalah melalui sertifikat data center yang diakui secara internasional. 

#SahabatPrimacom, selain standar ISO, ada beberapa sertifikat penting yang dapat mengindikasikan tingkat keamanan data center, yakni TIA-942 dan PCI-DSS. Seperti apa penjelasan lebih lanjut mengenai kedua sertifikat ini?

[Baca juga: Kenali Berbagai Sertifikat ISO untuk Data Center!]

TIA-942

TIA-942 (Telecommunications Infrastructure Standard for Data Centers) adalah standar yang dirancang untuk merancang dan mengelola data center yang aman dan andal. Standar ini memberikan panduan dalam hal desain fisik, keamanan, efisiensi energi, dan operasional. Standar ini yang kemudian memunculkan sistem jenjang untuk mengklasifikasikan data center berdasarkan tingkat keandalan dan redundansi. Sistem ini yang kemudian dikenal dari Tier 1 hingga Tier 4.

Mengadopsi standar TIA-942 memberikan beberapa keuntungan bagi pengelola data center. Ini mencakup meningkatkan keandalan dan ketersediaan layanan, mengoptimalkan efisiensi energi, mengurangi risiko kegagalan sistem, menyederhanakan manajemen kabel, dan memberikan panduan praktis dalam merancang dan mengoperasikan data center.

[Baca juga: Mengapa Perusahaan Perlu Data Center!]

PCI DSS

Sertifikat yang satu ini lebih mudah dipahami, lantaran sudah banyak dipakai di berbagai industri. Sertifikat PCI DSS atau Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran merupakan standar keamanan informasi internasional yang disusun oleh major card schemes untuk diterapkan oleh lembaga dan perusahaan yang mengelola dan menangani pembayaran berbasis kartu, termasuk penyedia infrastruktur pembayaran. 

Agar bisa memperoleh sertifikasi PCI DSS 3.2 tersebut, terdapat 12 persyaratan utama yang terbagi menjadi ratusan persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini meliputi upaya-upaya membangun dan memelihara jaringan dan sistem yang aman, melindungi data pemegang kartu, menjaga program manajemen kerentanan. Tidak lupa menerapkan tindakan kontrol akses yang kuat, memantau dan menguji jaringan secara berkala, serta menjaga kebijakan keamanan informasi.

PCI DSS dikelola oleh Dewan Standar Keamanan Industri Kartu Pembayaran (PCI SSC). Sebuah lembaga independen yang didirikan oleh perusahaan kartu pembayaran terbesar, termasuk Visa dan MasterCard. Data center yang sesuai dengan PCI DSS menerapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan sistem keamanan data yang kuat. Terutama untuk kartu pembayaran, termasuk pencegahan, deteksi, dan respons tepat terhadap insiden keamanan yang terjadi.

Pentingnya Sertifikat Keamanan untuk Data Center

Di era yang kian terhubung dan bergantung pada data, data center tentu menjadi kunci dalam memastikan kelancaran operasional dan menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan memiliki sertifikat ini, pengelola data center dapat membangun infrastruktur yang kokoh, terlindungi, dan sesuai dengan standar keamanan industri. 

Dengan demikian, penggunaan sertifikat tersebut bukan hanya merupakan langkah penting dalam melindungi data berharga, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menjaga keandalan operasional data center.

Primacom Data Center  merupakan infrastruktur data center dengan sertifikasi terakreditasi ANSI/TIA-942 Rated-3 dan dilengkapi dengan sertifikat PCI-DSS, Primacom Data Center siap menjawab kebutuhan penyimpanan data setiap perusahaan. Dapatkan informasi lebih lengkap dengan menghubungi tim Primacom di sini

Similar Posts