Gambaran ruangan data center

Ketahui Lebih Banyak tentang Komponen Data Center!

#SahabatPrimacom, era digitalisasi menuntut perusahaan untuk terus beradaptasi dengan tren big data yang semakin berkembang. Seiring dengan banyaknya data yang diolah dari hari ke hari, kini keamanan data yang disimpan semakin menjadi prioritas. Maka tidak heran, jika banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan layanan data center tersertifikasi sebagai sarana alternatif untuk mengelola dan menyimpan data perusahaan secara aman.

Bagi #SahabatPrimacom yang masih ragu untuk menggunakan infrastruktur tersebut, berikut adalah rangkuman informasi penting tentang pengertian data center, serta berbagai komponen penting di dalamnya. 

Pengertian Data Center

Data center atau pusat data, adalah sebuah fasilitas fisik yang dipakai sebagai tempat menyimpan sistem komputer dan komponen lainnya yang terkait, seperti sistem komunikasi data dan sistem penyimpanan. Infrastruktur ini berperan sebagai repositori terpusat bagi kepentingan suatu perusahaan.

Salah satu contohnya adalah Primacom Data Center yang merupakan pusat data komersial pertama di Indonesia. Primacom Data Center terakreditasi ANSI/TIA-942 Rated-3 serta memiliki berbagai sertifikasi internasional lainnya untuk menjamin keamanan data perusahaan.

“Fasilitas data center menjadi jawaban bagi perusahaan yang tidak memiliki infrastruktur khusus untuk mengelola data secara profesional. Pada era digital data merupakan aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting memilih layanan data center yang bersertifikasi agar keamanan data perusahaan terjamin,” terang Gabriel Noorhadi, Asisten General Manager Primacom di kanal YouTube Primacom

Komponen Utama Data Center

Sebagai sebuah perangkat yang esensial, data center terdiri atas sejumlah komponen. Hal ini dilakukan agar infrastruktur tersebut dapat berjalan dengan baik selama 24/7. Apa saja perangkat yang ada di dalamnya? Mari kita bahas berbagai komponen penting tersebut. 

Daya atau Power Capacity

Daya atau power merupakan komponen utama yang harus ada dalam sebuah data center, baik itu daya berupa pasokan utama, tenaga cadangan hingga perangkat untuk distribusinya. Berbagai perangkat yang sudah dikenal secara umum tentunya seperti panel listrik, trafo, UPS, genset dan generator. Jangan lupa juga untuk memastikan berbagai perangkat ini memiliki standar keamanan yang baik sehingga tidak membahayakan operator. 

Storage atau Kapasitas Penyimpanan

Karena berkaitan dengan data, komponen  berikutnya yang tak kalah penting adalah kapasitas penyimpanan atau storage. Storage ini biasanya diletakkan berlapis-lapis dalam sebuah rak khusus yang memiliki sertifikasi tersendiri. Jangan lupa juga untuk menyediakan backup apabila terjadi sesuatu kepada data pada rak penyimpanan. 

Network System atau Perangkat Jaringan

Komponen selanjutnya adalah sistem perangkat jaringan yang berfungsi untuk melakukan transfer data dari satu rak ke rak lainnya, atau dari luar ke dalam data center dan sebaliknya. Komponen ini meliputi perangkat seperti router, switch, access point, modem, cabling, dan sebagainya. 

Cooling System  atau Sistem Pendingin

Infrastruktur data center dapat bekerja dengan optimal apabila berada dalam suhu yang ideal. Itulah sebabnya data center membutuhkan cooling system atau sistem pendingin khusus. Sistem ini bukan hanya berada pada perangkat rak server saja, tetapi juga di bagian lantai dan langit-langit.

Keamanan

Komponen terakhir, tentu saja dari sisi keamanan. Fasilitas data center tentu harus memiliki sistem keamanan yang kuat, baik itu perangkat fisik maupun perangkat lunaknya.

Sebagai ilustrasi, data center pada umumnya mensyaratkan pengawasan kamera CCTV di seluruh area data center. Sementara itu, pada data center Rated-3 seperti Primacom Data Center, lapisan keamanannya lebih kompleks, meliputi CCTV 24/7, akses kartu dan akses biometrik, hingga akses privat ke setiap rak. 

[Baca juga: Perbedaan Data Center dan Cloud, mana yang unggul?]

Dapatkan Layanan Terbaik di Primacom Data Center

Itulah pengertian data center serta beberapa komponen penting di dalamnya. #SahabatPrimacom dapat mengetahui lebih lengkap dengan menyaksikan video di bawah ini. 

Apabila memerlukan layanan data center, jangan ragu untuk menghubungi Primacom Data Center di sini. Primacom Data Center terakreditasi ANSI/TIA-942 Rated-3, aman, terpercaya, dan siap menjawab kebutuhan penyimpanan data perusahaan.

Similar Posts