3 Sertifikasi Profesional dalam Pengelolaan Data Center

#SahabatPrimacom, data center merupakan komponen vital dalam mendukung operasional perusahaan, terutama dalam hal penyimpanan data. Seiring dengan padatnya lalu lintas data, kebutuhan akan pengelola data center bersertifikasi juga ikut meningkat. 

Untuk menjamin kompetensi profesional yang bekerja dalam sebuah infrastruktur data center, diperlukan sertifikasi khusus, seperti yang dirilis oleh EPI (Enterprise Product Integration), perusahaan spesialis pusat data global asal Eropa yang telah beroperasi di 50 negara.

Artikel ini akan membahas tiga sertifikasi untuk profesional data center, yakni Certified Data Center Professional (CDCP), Certified Data Center Specialist (CDCS), dan Certified Data Center Facilities Operations Manager (CDFOM). 

Sertifikasi Profesional Data Center dan Kegunaannya 

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai beberapa sertifikasi profesional tersebut, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang EPI, sebagai perusahaan audit yang mengeluarkan sertifikat ini. 

Dikutip dari situs resminya, perusahaan ini telah menyediakan layanan untuk data center sejak tahun 1987, mulai dari perancangan, implementasi, optimasi, pengujian, pengoperasian dan pemeliharaan. EPI hingga saat ini juga masih menjadi satu-satunya badan yang diberi wewenang untuk melakukan audit pusat data dengan standar ANSI/TIA-942.

Seperti skema di atas, pelatihan data center dari EPI memiliki pemetaan sendiri, sebagaimana diatur dalam EPI Data Center Training Framework.  Secara singkat, pelatihan ini dibagi menjadi pelatihan dasar dan 4 jalur lanjutannya, yaitu Design/Build, Maintenance/Operations, Risk, dan Standar/Compliance.

Ada beberapa manfaat memiliki sertifikasi profesional data center, baik bagi perusahaan pengelola data center ataupun bagi kompetensi engineer sendiri. Beberapa di antaranya, yakni:

  1. Meningkatkan efisiensi data center.
  2. Memiliki standar industri yang diakui secara internasional.
  3. Mempersiapkan kebutuhan industri di masa depan.
  4. Peningkatan kredibilitas profesional.

#SahabatPrimacom, setelah mengetahui definisi dan manfaat memiliki sertifikasi profesional data center, yuk cari tahu lebih dalam mengenai Certified Data Center Professional (CDCP), Certified Data Center Specialist (CDCS), dan Certified Data Center Facilities Operations Manager (CDFOM)! 

Certified Data Center Professional (CDCP) 

Mengutip dari ebiz.co.id, sertifikat ini berfungsi untuk mempersiapkan dan meningkatkan beberapa aspek kunci dalam operasional data center, seperti kelistrikan, pendinginan, keamanan, perkabelan, keselamatan, dan lain sebagainya.

Fungsi sertifikat ini terutama untuk memastikan tercapainya tingkat ketersediaan tinggi (high availability) dari sebuah data center, yang sekaligus menjadi aspek utama ketika berbicara tentang layanan data center.

Certified Data Center Specialist (CDCS)

Dilansir dari sumber berikut, sertifikat CDCS mengarahkan para profesional untuk mempertajam kompetensi mereka mengenai bidang-bidang yang lebih spesifik dalam operasional data center, seperti teknologi pendinginan yang canggih, manajemen perangkat lunak dan virtualisasi, serta keamanan informasi. 

Dengan memperdalam keahlian dalam area spesialisasi ini, para spesialis dapat berkontribusi dengan lebih terfokus dan efisien ketika menghadapi tantangan tingkat lanjut dalam infrastruktur yang lebih modern.

Certified Data Center Facilities Operations Manager (CDFOM)

Sertifikat ini menjamin pengelola memiliki wawasan dan keterampilan yang holistik mengenai manajemen data center, mulai dari aspek perencanaan hingga pengawasan dan pelaporan. Dengan memiliki sertifikat ini, seorang profesional  mampu menyederhanakan kompleksitas dalam pengelolaan fasilitas data center agar menjadi lebih sistematis. 

Percayakan Data Anda di Primacom Data Center

Operasional bisnis modern tidak dapat terlepas dari kebutuhan akan infrastruktur data center. Dengan memiliki karyawan yang tersertifikasi dalam bidang pengelolaan data center, hal ini akan memperkuat kredibilitas suatu penyedia layanan data center

Selain terakreditasi ANSI/TIA-942 Rated-3, Primacom Data Center juga memiliki tim yang telah tersertifikasi dengan sertifikat CDCP, CDCS dan CDFOM. Untuk konsultasi lebih lanjut serta penawaran menarik, hubungi tim Primacom Data Center di sini!

Similar Posts